Sunday, August 21, 2011

Saya adalah Anggota Kelas 11 IPS 2


6 tahun saya berkutat dengan yang namanya semua mata pelajaran pada akhirnya, saya masuk ke kelas penjurusan. Sayapun dapat bernapas lega begitu nama saya terpampang di daftar kelas IPS ketika pengambilan raport kenaikan ke kelas 11. FYI, saya terlahir dari keluarga yang lulus SMA di kelas IPA. Ironisnya, anak pertamanya masuk kelas IPS. So what? As we know, di Indonesia, IPS kebanyakan dapet rating kelas tengah. Sementara,rating kelas tertinggi ya kelas jurusan IPA.

Big mistake bagi mereka yang punya pandangan seperti itu. Kelas IPA dan IPS memang ada sisi positif maupun negatifnya(Silahkan pikir-pikir sendiri). Sebagai siswi yang berpihak di kelas IPS, saya mau ngeluarin curcolan asyiknya menjadi seorang anak sos.Mungkin kalian bertanya-tanya, kenapa,sih saya masuk kelas IPS? Tampang situ,kan kayak anak IPA. Let me explain,deh.
Alasan pertama, supaya saya punya banyak waktu luang untuk ngebut latihan piano dan latihan koor. Imagine,dong, bodi segaban gini dan akan memasuki usia kedewasaan, apalagi hampir jadi soprano kok masih main Burgmuller?? Terus terang, saya merasa sangat cemen. Apalagi temen yang seumuran saya udah bisa main Fantasy Impromptu karya Chopin(jarinya udah keriting). Bah, gimana gak malu berat??
Alasan kedua, saya mau nanya balik. Apakah jurusan kuliah saya nanti ada pelajaran IPAnya? Kayak enggak,deh kecuali fisika menerangkan tentang suara. Lagipula ilmu IPS jauh lebih berguna me-manage bisnis di dunia musik nanti bukan?
Alasan ketiga, jangan jejalkan saya dengan Kimia dan fisika! Udah nilai jeblok always, males banget rasanya menghadapi para guru yang...(maap) jutek. Tapi, saya salut kepada kakak kelas dan teman-teman seangkatan saya yang survive di kelas IPA.
Alasan keempat, saya mau banget menikmati masa muda nan indah ini. Saya muak banget dipanggil ibu-ibu kalo lagi pake baju bebas.
Alasan kelima, supaya gampang dipanggil kalo ada orderan.
Alasan keenam, IPS memang jalan hidup saya. Setelah cerai dengan yang namanya Kimia dan Fisika(FYI,kimia dan fisika saya tertera angka 6 di rapot kenaikan kelas. Tapi, tetep aja di bawah KKM dua-duanya), bulan-bulan pertama ini nilai saya sedang ngejreng-ngejrengnya. Selanjutnya? Masih rahasia Ilahi dan niat saya.
Ada pengalaman lucu ketika saya berkunjung ke kelas IPA.
Waktu itu saya lagi jalan. Eh, ditanyai udah ulangan Bio ato belum. Lha, bingung,dong. Apa saya salah denger? Geo? Setelah temen saya yang satu ini menyadari kebingungan saya, dia nanya saya anak Ipa ato IPS. Dengan bangga saya jawab IPS sambil ngakak2. Satu lagi, pas saya di kelasnya eh, ada satu temen cowok saya yang nanyain saya anak IPS berapa? Tambah ngakaklah saya. Wajar dia nanya gitu karena batang idung saya gak keliatan di kelas IPA. Ckckck..tampang nerd-cuek gini belum tentu saya adalah tampang anak IPA.
Dosa anak IPS?
Kalo gak ngerusuh hura-hura karena gak ada guru, tanya dengan pertanyaan gaje ke guru sunda(biar gak belajar soalnya),contek-contekan, ngisengin guru Geo(sampe tensinya naik 150!!)...ya ngelewati pelajaran alias kabur pulang atau ngumpet di mana gitu.
Saya udah melakukannya 2 kali dengan alasan yang tepat dan keberuntungan tingkat tinggi. Belum pernah ketahuan pula. Huaahahahahaha....
Kok bisa? Bisa,dong. Anak IPS gitu,lho ;p
Note: bagi pembaca yang belum masuk kelas penjurusan apalagi yang berumur di bawah 16 tahun JANGAN COBA-COBA UNTUK BERBUAT DOSA ANAK IPS,YA!

No comments: