Sunday, April 24, 2011

How to get Cappuccino the Syrian Hamster?


Dulu dia segede ini

Saya sama sekali tidak menyadari bahwa hamster yang saya piara ketika kelas 2 SD dulu adalah syrian long hair( mereka udah mati karena umur tua). Sekarang, nyari syrian di Bogor hesenya minta ampun. Yang ada paling winter white, roborovsky dan campbell. So, mulailah perburuan saya untuk mencari hamster siria. Selain koleksi itung-itung sekalian observasi sekalipun pada waktu masih kecil dulu saya mengobservasi mereka secara gak langsung.

Di kelas 10 ini setelah beberapa bulan miara winter white sapphire( dimulai pada tanggal 6 April 2010), timbul keinginan untuk memelihara hamster siria. Sesuai penyataan saya di atas. Nyari siria di Bogor teh hese pisan. Bahkan mendapatkan hamster siria ini juga sedang untung-untungnya.

Awal mulanya saya melihat selembaran poster yang ditempel di mading sekolah. Ada pameran hewan di IPB Dermaga. Di poster itu ada gambar hamster siria. Di sana juga ditulis ada bazaar. Sayapun berinsting bahwa di bazaar itu pasti ada yang jual hamster syria. Niat saya terlaksana dengan kuat. Hari H tanggal 24 Oktober 2010 saya berangkat kurang lebih sekitar jam setengah 11an.

Perjalanan ke sana benar-benar butuh perjuangan. Selain tidak saling nyaho-menyaho akan kondisi jalannya(tahu daerah situ tapi, gak kenal), ke sana juga pake acara banjir keringat. Waktu itu saya naik angkot 32. Sampai melewati lampu merah keluar wilayah Taman yasmin masih lancar-lancar aja. Kemudian menuju ke perempatan. Jalan lurus terus. Baru dikit aja angkot melaju lurus.....gilaaa....kendaraan stag abis. Jalan raya itu rupanya sedang dalam perbaikan. Jadi, sistem one way benar-benar diberlakukan. It’s killing me. Maka, sayapun segera turun dari angkot, bayar ongkos dan jalan 1 km lebih (kayaknya. Abis sejauh mata memadang, jalannya panjang banget).

Baru aja jalan bentar, eh,tau-tau kendaraan pada jalan. ASEM! Gak berapa lama ada angkot lain berisikan 4 cowok SMA. Mereka ngeliat saya yang tengah berjalan dengan santai di kala matahari tengah bersinar dengan teriknya. Mereka senyum-senyum aja melihat saya yang berjalan dengan santai ditemani lagu-lagu Green Day dari hape via earphone. Mungkin karena saya sudah terbiasa menghadapi teriknya matahari dan banjir keringat tentunya. Menurut saya, mungkin mereka menertawakan saya dan berpikir “gila...ni cewek konyol amat jalan. Panas pula. Padahal ada kendaraan. Tapi.saya termasuk penganut hukum karma. Saya masih tetap melanjutkan jalan pake kaki. Selang beberapa menit, mobil-mobil stag lagi. Kemudian, dengan gagahnya saya tetap berjalan. Melewati angkot berisikan 4 cowok yang tadi senyum-senyum ngeliatin. Hahahha..rasain, sekarang siapa yang lebih cepet. Saya aja yang berbody segaban ini lebih cepat dari kalian. Ingat hukum karma.

Perjuangan saya belum berakhir juga ketika saya sudah tiba di perempatan kedua. Saya naikpun naik angkot kosong. Bused,deh ngetemnya lama banget. Mending tadi gue tetep jalan,dah. Tapi, saya tidak begitu tahu route menuju IPB Dermaga. Ke sana terakhir kali pas kelas 6, lagi kunjungan belajar. Begitu angkot penuh, sang sopir tancap gas. Doski juga dapet kabar, jalan menuju IPB juga sedang diperbaiki maka, si supir mengambil jalan alternatif. Ujung-ujung saya mesti bayar ongkos 2 kali lipat dengan alasan yang tepat. Di situ saya udah sebel banget. Apalagi saya berhenti di gerbang IPB Dermaga bagian Agriculture( kalo gak salah namanya itu) bukan di dekat ATM BNI karena di situ ada secret shortcut yang udah nyokap kasih tahu tapi, saya gak ngeh2 di mana itu secret shortcutnya. Setelah tanya satpam di mana gedungnya, sayapun jalan lagi. Gedung atap biru. Saya cari itu. Dan jejeng...alamak. Saya mesti jalan lagi ratusan meter. Tapi, itu masih kurang 1 kilometer. Saya tetap bersabar. Di mana ada perjuangan pasti ada hasil yang memuaskan. Selama berjalan saya berpikir, kalo anak kampus ada yang telat gimana jalannya,ya nuju ke kampus. Wong jalannya jauh begini. Masa lari-lari,sih? (pertanyaan ini terjawab setelah tanya ke nyokap. IPB Dermaga menyediakan layanan ojek motor).

Jrenggg...!!Akhirnya saya nyampe juga. Padahal udah mendung. Males buka payung kalo misalnya ujan. Sayapun langsung masuk ke dalam setelah membayar HTM seharga 2 rb. Ada beberapa stand untuk lomba dan pakan kucing. Saya pantang menyerah. Saya segera berjalan menuju lantai ke 2. Ada serentet stand konsumsi sampai stand penjualan binatang. Sayapun menghampiri stand yang menjual hamster2. Yang saya lihat hanya syiria long hair warna krem. Acak adut,deh. Kata si mas-mas Cuma tinggal itu. Saya mulai menimbang-nimbang. Diputuskan gak jadi. Lantas, saya jalan lagi menuju stand yang paling pojok di mana stand itu juga ngejual hamster. Dan....dalam hati saya yang paling dalam, saya mengumandangkan lagu Halleluya karya Handel. Mereka menjual hamster siria. Belang-belang pula. Pilihan saya pada hamster berpunggung coklat-putih. Semua hamster siria tersebut seharga 15 rb/ekor. Saya membayarnya dengan uang hasil gawe saya sendiri (ngisi acara bareng temen-temen sepaduan suara. Lupa acaranya apa waktu itu). Dengan hati yang berbunga-bunga saya membawa hamster itu pulang.

Perjalanan pulang juga butuh perjuangan. Tapi lebih ringan daripada yang ketika berangkat. Menunggu hujan reda. Bermacet-macet ria di dalam angkot. Nunggu angkot ngetemnya selesai dan finally, nyampe juga di rumah. Hamster itu kunamai Cappuccino. Nyokap dan adik-adik saya yang melihat berpendapat bahwa Cappu( waktu itu Cappu masih kecil. Sekitar 1 bulan sepertinya) itu jelek. Saya merasa tersinggung juga. Perjuangan,nih belinya. Tapi, biarlah toh pas gedenya, Cappu menjadi hamster yang paling unyu, cerdas dan pluralisme di antara winter white lainnya.

Beginilah Cappu bila tidak diberi makan sehari doang
(o4/11)


Catatan(17/08/2015):
Cappu sudah tutup usia sejak 26 Agustus 2013 lalu. I really miss him...

No comments: