Sunday, September 26, 2010

Phodopus sungorus

a.k.a Winter White.
Sejak 6 April, gue memelihara hamster winter white berwarna saphire dan hitam. Gue beri nama Chip dan Dale sesuai nama Chipmunk yang ada di tokoh Disney. Yaa...walaupun mereka adalah Chipmunk, bukan hamster. Yang disayangkan adalah Chip si betina, mati seminggu kemudian. Kemungkinan dia stress akibat jatuh dari meja.

Selama sebulan, Dale sendirian. Gue jadi gak tega ngeliatnya. So, 3 Mei gue beli hamster betina buat temen mainnya. Gue namain Millie. Awal-awalnya Millie masih malu-malu dan ketakutan dengan Dale. Badan Dale waktu itu udah jauh lebih gede darinya. Seperti jinak-jinak merpati, dia ngedeketin Dale. Pas si Dale nengok, dia ambil langkah seribu ke puncak perosotan. Geli banget,deh gue ngeliatnya. Tidur aja sampe di sana gara-gara ketakutan. Gak mau turun hingga esok harinya. Untung aja pas gue temui pagi-pagi mereka udah tidur berdempet.

Millie udah beranak 3 kali. Setiap lahir, MIllie melahirkan sebanyak 5 ekor anak. Sayang, ketika kelahiran yang ketiga, Millie sepertinya makan satu anaknya. So, kelahiran ketiga jadi 4 ekor anak.
Ank dari Dale dan Millie telah gue kasih ke temen nyokap dan temen ade gue. Rada gak ikhlas,sih. Tapi, gue paham. Semakin hamster beranak pinak, kandangpun bejibun dan Millie menjadi sensian bila beranak lagi ketika bertemu dengan anak-anaknya yang udah gede-gede. Walhasil si ibu berantem dengan anak-anak gedenya.
Berikut hamster-hamster yang masih ada di rumah gue:

Dale:
hamster jantan hyperaktif dan jago berantem. Menjadi agresif bila pengen kawin. Paling seneng bila diajak keluar kandang, jadi spiderhamster dan main hamsterball. Makanya setiap kali gue ngajedog di depan kandangnya, pasti dia minta keluar. Begitupun Millie.



Millie:
hamster betina nyentrik dan tegas serta gemar menjadi spiderhamster seperti Dale. Setelah melahirkan anak gelombang ketiga, bagian atas punggungnya mengalami kerontokan akan rambutnya dan selalu mengalami penurunan berat badan(biasanya setelah beranak). Badan kecil gitu, dia jadi super-enyak,lho. Bisa ngalahin si Emile, anaknya yang jauh lebih gede darinya.

Emile:
anak dari Dale dan Millie. Hamster jantan yang montok, paling ngegemesin dan supermales. Salah asuhan gara-gara gak gue biasain untuk keluar kandang sesekali. Penakut dan gak bisa mengalahkan pertarungan dengan Dale dan Millie (padahal badannya paling gede sendiri daripada bo-nyoknya). Bila didekatkan dengan bo-nyoknya, Emile akan mencicit dan bergerak mundur dari tangan gue. Mencoba untuk kabur.

Demy:
saudara cewek Emile( yang pastinya juga anak dari Dale dan Millie). Paling seneng ngitik-ngitik Emile sampe Emile bunyi dan menjadikan Emile sebagai kasurnya di saat tidur. Cukup sensian. Sama seperti Emile, dideketin ke bo-nyoknya, dia langsung mencicit ketakutan dan kabur.( Note: Demy kabur dan tidak dapat ditemukan lagi)

Sekarang semuanya sudah dikasih ke orang lain kecuali Emile. Kini, badan Emile sudah kurus dan jadi kepala suku cuman, antek-anteknya udah dijual oleh saya.

No comments: