Wednesday, May 4, 2016

Cabe Terong diuleg-in ---> Mbak-mbak Ticketing Bioskop



Beberapa tahun setelah lulus SMA, saya mulai mendengar bahwa anak-anak SMA zaman sekarang mulai banyak yang dandan ke sekolah. Bedakan sih no problem, ya. Atuhlah zaman sekarang anak-anak pada pake mascara, bb cream dan liptint-nan atau lip balm yang berwarna. Back in my day, boro-boro dandan minimal pake pelembab bedakan ama pake lipbalm. Sekalipun make itupun kalo lagi sempet sebelum cao ke sekolah. 

Begitu kuliah apalagi ngambil jurusan pertunjukan, barulah saya sadar bahwa edukasi perlenongan sama pentingnya dengan edukasi membaca not balok, membunyikannya dengan lirik, ngapalin, menghayati dan tampil di depan umum. Sejak awal masuk kuliah, saya mulai mempelajari bagaimana cara berdandan dengan cara trial dan error baik manggung maupun sehari-hari. Yang paling kerasa errornya itu ya untuk sehari-hari.
Saya inget banget dari sekolah sampe awal kuliah bedakan tuh cuma di muka. Iya! Di muka! Kagak di bawa ke leher. Yang lebih seru lagi pas masih awal-awal kuliah. Semester 1 saya membeli bb cream Maybelline shade light, bedak TWC Inez shade Ivory(bedak yang biasa dipake saat lagi tampil ato ke gereja) dan bedak Maybelline Pressed Powder shade light.  Saya sendiri gak pernah ngeliat shadenya. Kupikir kulit udh putih gini beli yang shade terang juga gak kenapa-napa. Iya, gak kenapa-napa kalo  lagi tampil ujian di panggung recital fakultas. Tapi, buat sehari-hari, Ya, Looorrddd….! (Sayangnya momen-momen ini gak pernah saya abadikan mengingat saya sendiri gak suka difoto dan jarang upload foto di medsos pula. ) Bayangin aja, pas kuliah, kalian pake bb cream/alas bedak yang shadenya 1-2 tingkat lebih terang ditambah lagi gak disesuaikan dengan tone warna kulitmu. Bb cream Maybelline yang kupakai saat itu ternyata lebih cocok untuk yang punya kulit dengan cool tone. Sementara kulit saya sendiri warm tone! Apalagi nge-apply langsung diusep pake tangan terus kagak dibawa ke leher. Untuk nge-setnya, kadang pake twc Inez (yang pernah make bedak TWC Inez pasti ngertilah coverage n staying powernya gimana. Coveragenya jooossss…staying powernya cemen -_-)kadang pake Maybelline Pressed Powder(yang ternyata begitu touch up malah cakey juga). Pas lagi keringetan, riasan malah luntur, belang dan cakey sana-sini.Dengan cara-cara yang saya paparkan di atas maka  jadilahhh….cabe-terong diuleg-in(secara saya memiliki sisi maskulin*okegakpenting).
Kesalahan lainnya adalah dalam membeli produk make-up. Selain jarang mnegamati shade dan hasilnya, saya juga jarang untuk survei produk yang akan dibeli. Contohnya, bingung nyari warna lipstick dan hasilnya kayak gimana. Karena ogah rugi dengan apa yang udah dibeli tanpa survey akhirnya, saya mulai googling tentang review produk make up. Review yang paling pertama saya baca tentang bb cream apa yang bagus dari beauty blogger racunwarnawarni.com. Sejak membaca dari blog itu, saya mulai banyak membaca review-review dari blog-blog lain. Dari para beauty blogger, saya mulai mempelajari hasil produk make upnya itu seperti apa serta berdasarkan kecocokan tipe kulit. Saya baru tau setelah baca review tentang bb cream Maybelline bahwa itu bb cream lebih cocok untuk kulit kering sementara kulit saya itu berminyak di area T-zone, pipi dan dagu. 

Masuk semester 3 dan 4 saya sudah sadar ternyata saya nyaris menjadi seorang cabe terong. Maka sayapun mulai mempelajari ulang. Saya mulai rajin nonton para beauty youtuber. Dari situ saya mulai mempelajari :

  1.   Cara mengapply  BB Cream/ Foundation. Pake tangan, sih bisa, asal nge-apply dengan cara ditepuk-tepuk pake beberapa jari aja bukan digesek. Kekurangannya, selain gak higienis( INGET! Cuci tangan sebelum dandan!) ya bakal memicu kelenjar minyak di kulit tambah memproduksi minyak akibat gesekan yang dihasilkan tangan. Karena sudah jarang memakai tangan lagi( kecuali kepepet), saya lebih suka memakai beauty blender. Well…yaahhh..bukan merk beauty blender beneran. Males banget beli beauty blender 200 rebay kalo ada spons macem beauty blender yang hargnya Cuma 89k dan ternyata bisa ngedempul bagus muka bahkan nemu 20 rebuan( nah yang ini kualitasnya kurang bagus). Dengan pake “beauty blender”, base make up jauh lebih merata dan kali ini, saya sudah membawanya sampe ke leher sodara-sodaraaa….

  2. Cara memilih shade alas bedak dan bedak. Saya baru mengerti caranya ketika seorang beauty youtuber menorehkan shade-shade alas bedaknya di jawline hingga lehernya. Untuk sehari-hari cari yang mendekati hingga pas dengan warna kulit kita. Untuk manggung, cari shade 1-2 tingkat lebih terang dari warna kulit kita.
  3.  Tahap-tahap meng-apply make up untuk kulit berminyak. Yang pasti pertama-tama pake pelembab dulu. Tunggu 10 menit biar meresap ke kulit baru primer. Nah, di tahap primer, saya belum dapet primer yang cocok. Tapi denger ada kabar kalo wardah Hydrating Aloe Gel itu bikin base muka nempel n awet. Terbukti sih. BB Cream Pixy shade ochre yang saat ini sedang saya berusaha habiskan, nempel dan merata di wajah. Setelah primer, lebih baik bikin riasan mata n alis terlebih dahulu baru apply bb cream ato foundation. Begitu kelar riasan mata, baru pake foundation dan set pake bedak serta terakhir, lipstikan. Untuk apply Concealer, teknik baking, highlighting, countouring dan shading saya lakukan saat akan manggung. Sayangnya, sampe saat ini saya masih belum dapat menguasai tekhnik contouring dkk itu.
  4. How to make a smokey eyes look. Selama latihan sering, saya yakin saya bisa walaupun sering lupa konsepnya kayak gimana. Haha..


3 tahun belajar akhirnya lumayan membuahkan hasil. Sehari-hari wajah udah gak kayak cabe lagi tapi malah kayak mbak-mbak penjaga tiket bioskop karena make bedak yang ternyata memberikan hasil yang dead matte. Untuk manggung pun udah mulai mengalami kemajuan, perpaduan eyeshadow yang biasanya berantakan kayak era 80s kini lebih ke blend karena sudah memiliki satu set kuas untuk riasan mata dan mulai berani pula ngegeratak muka orang. Untuk lipstikpun sudah diatur. Warna orange coral, nude, pink natural untuk sehari-hari sedangkan untuk manggung, saya memilih warna-warna gonjreng seperti merah cabe dan pink fuschia.

Buat pembaca yang juga masih belajar dan masih melakukan kesalahan seperti yang saya di atas, don’t worry, selama sering banyak latihan, banyak membaca blog para beauty blogger dan pantengin channel para beauty youtuber, dijamin, kalian bisa menjadi MUA amatir di antara temen-temen kalian yang masih belum bisa menggeratak muka sendiri di saat kepepet. Trust me, It works!

No comments: